FANDOM

Kanji-kenjutsu

Kenjutsu (剣 術, Seni Pedang) adalah istilah umum untuk semua sekolah pedang di Jepang (lima ratus sekolah pedang Jepang). Sebagai lawan Kendo, yang berarti "Jalan Pedang", kenjutsu melatih pedang (atau kenshi) dalam penggunaan teknik pedang yang sebenarnya untuk pertempuran bukan sebagai disiplin meditasi.

Meskipun ilmu pedang Jepang memiliki akar dalam abad ke-4, kenjutsu dalam bentuk yang diakui dimulai pada periode Muromachi, akhir yang dikenal sebagai Sengoku Jidai atau "periode Perang Amerika ". Sekolah-sekolah kenjutsu yang selamat dari Sengoku Jidai menjamur selama beberapa dekade sampai akhirnya mencapai lebih dari lima ratus gaya selama periode Edo / Tokyo dan mengakibatkan kemajuan teknik pelatihan dan peralatan, seperti shinai (pedang bambu praktik), yang memungkinkan untuk lebih aman, lebih efektif sesi pelatihan yang bertentangan dengan metode lama menggunakan bokken (katana kayu) atau pisau hidup.

Namun, dengan dimulainya Restorasi Meiji dan pembubaran kelas samurai tahun 1868, kenjutsu jatuh ke penurunan sebagai pengingat yang menyakitkan dari abad kekuasaan militer serta berdarah Bakumatsu.

Dalam semua gaya dan sekolah kenjutsu, ada sembilan kategori serangan. Setiap gerakan, ofensif atau defensif cocok dengan salah satu dari ini.

  • Karatake (Kirioroshi) - Down di bagian atas kepala
  • Kesagiri - Angled turun di bahu kiri
  • Sakagesa - Angled turun di bahu kanan
  • Miginagi (DO) - lateral di sisi kanan
  • Hidarinagi (Gyakudō) - lateral di sisi kiri
  • Migikiriage - Angled di sisi kanan
  • Hidarikiriage - Angled di sisi kiri pada sudut
  • Sakakaze (Kiriage) - Up dari tanah
  • Tsuki - Sebuah serangan ke depan, menusuk pada jarak terpendek

Zona - Dalam kenjutsu, konsep penting adalah bahwa dari jangkauan atau zona. Zona adalah jarak di mana pendekar dapat menyerang menggunakan hanya satu gerakan dan tergantung pada banyak faktor seperti jangkauan senjatanya, jangkauan senjata lawannya dan tingkat masing-masing pendekar yang mobilitas. Sementara senjata lagi mungkin memberikan jangkauan yang lebih besar, juga meninggalkan tempat yang lebih buta dan bukaan dalam pertahanan

Zantetsu - Tindakan pemotongan baja, yang pedang terutama terampil tertentu dikatakan telah menguasai.

Shirahadori - Sebuah langkah defensif di mana menggenggam pengguna tangkapan pisau musuh dengan tangan kosong, shirahadori adalah keterampilan yang sulit dan diperoleh, tetapi juga satu-satunya langkah dibagi antara semua lima ratus sekolah kenjutsu.